Kamis, 12 Mei 2016

Contoh RPP Membaca (Qiraah) Kelas VII KTSP

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.    Identitas
Nama Sekolah                         : MTs. An-Nur Pekalongan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : VII/Genap
Materi Pokok/Keterampilan    : أسرتي/Membaca
Pertemuan ke                          : 10
Alokasi waktu                         : 2 x 40 menit
B.     Standar Kompetensi             :
Membaca/qira'ah   (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan menemukan tentang أسرتي)
C.      Kompetensi Dasar                 :
11.3     Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
D.    Indikator                                :
1.        Meyimpulkan kembali isi wacana dari teks أسرتي
2.        Mejawab pertanyaan atau latihan dari  wacana tentang أسرتي
3.        Memahami dan membuat contoh tentang mubtada dan khobar
4.        Menunjukkan perilaku siswa yang religius, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif, jujur, dan gemar membaca
E.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, diharapkan :
1.        Siswa mampu membaca dengan baik melalui kegiatan meyimpulkan kembali isi wacana, mejawab pertanyaan atau latihan dari  wacana tentang أسرتي, memahami, dan membuat contoh tentang mubtada dan khobar.
2.        Siswa mempunyai sikap religius, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif, jujur, dan gemar membaca.
F.     Materi Pembelajaran
القَوَاعِدُ
Mubtada’ adalah isim yang berada dipermulaan kalimat جُمْلَةٌ dan berfungsi sebagai subjek sedangkan khabar adalah isim yang terletak setelah mubtada’ serta menyempurnakan pengertian kalimat atau berfungsi sebagai predikat. Setiap ada mubtada’ pasti ada khabarnya.
Contoh :
1.      Ahmad seorang murid           : أَحْمَدُ طَالِبٌ
2.      Sekolah itu luas                      : وَاسِعَةٌ الْمَدْرَسَةُ
Mubtada’ dan khabar i’rabnya adalah marfu’
Perhatikan contoh di atas, kata أَحْمَدُ dan الْمَدْرَسَةُ adalah mubtada’, sedangkan kata  طَالِبٌ dan وَاسِعَةٌ adalah khabar. Keduanya disafa’kan dengan dhammah.
الْقِرَاءَةُ
الْأُسْرَةُ
تَاجِرٌ
Pedagang
اُنْظُر
Lihatlah
لِيْ
Aku mempunyai
رَبَّةُ اْلبَيْتِ
Ibu Rumah Tangga
كُلَّ يَوْمٍ
Setiap Hari
دُكَّانٌ
Toko
الْمُسْتَشْفَى
Rumah Sakit
الْمَعْهَدِ
Pesantren
طَبِيْبٌ
Dokter
مَاهِرٌ
Rajin
أَتَعَلَّمُ
Belajar
يَفْتَحُ
Membuka

لِيْ أُسْرَةٌ كَبِيْرَةٌ. اُنْظُرْ إِلَى هذِهِ الصُّوْرَةِ! هذِهِ أُسْرَتِيْ. هذَا أَبِيْ اِسْمُهُ عَبْدُ الرَّحْمن هُوَ تَاجِرٌ. يَفْتَحُ دُكَّانَهُ كُلَّ يَوْمٍ. وَهذِهِ أُمِّيْ اِسْمُهَا عَائِشَةُ هِيَ رَبَّةُ اْلبَيْتِ.
وَهذَا أَخِيْ اِسْمُهُ فَتْحُ الرَّحْمن هُوَ طَبِيْبٌ مَاهِرٌ فِيْ الْمُسْتَشْفَى. وهذَا أَخِيْ الصَّغِيْرِ هُوَ هَادِي. هُوِ يَتَعَلَّمُ فِيْ الْمَعْهَدِ الْإِسْلاَمِيَّةِ فِيْ الْفَصْلِ الْخَامِسِ. هُوَ مَاهِرٌ فِيْ الْعُلُوْمِ الدِّيْنِيَّةِ. أَمَّا أَنَا اِسْمِيْ عَفِيْفَةٌ. أَنَا أَتَعَلَّمُ فِيْ الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ بِهذِهِ الْمَدِيْنَةِ.
G.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Gramatikal tarjamah
H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Awal
1.      Guru mengucapkan salam (religius)
2.      Siswa dan guru berdoa secara bersama-sama (religius)
3.      Guru mengecek kehadiran siswa (disiplin)
4.      Guru memberikan pengantar tentang tema yang akan dipelajari (disiplin)


2.
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1.    Siswa diperkenalkan kosa kata baru dengan teknik lagu mufrodat (kreatif)
2.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tata bahasa yang sesuai dalam materi pada hari itu (tanggung jawab)
3.    Siswa dibagikan teks yang berupa cerita bergambar, dan lembar soal/latihan kepada siswa (gemar membaca)
4.    Guru membacakan teks bacaan dan siswa menirukannya secara bersama-sama (gemar membaca)
5.    Siswa ditunjuk untuk membaca teks bacaan, dengan teknik acak sesuai presensi (gemar membaca)
6.    Siswa yang terpilih, harus membaca 1 kalimat dalam teks yang telah dibagikan dengan menerjamahkannya setiap kata dan menjelaskan qowa’idnya, begitu seterusnya pada siswa yang lain. Teknik penunjukkan selanjutnya bergantung kreatifitas guru. (gemar membaca & kreatif)
B.   Elaborasi
1.    Siswa mengidentifikasi tata bahasa yang terdapat dalam setiap kalimat (rasa ingin tahu & mandiri)
2.    Siswa menuliskan identifikasinya ke dalam lembar soal (mandiri & jujur)
3.    Siswa diberikan latihan oleh guru untuk membuat kalimat berdasarkan mufrodat yang diajarkan dengan menyesuaikan konteks masing-masing siswa (kreatif & mandiri)
C.   Konfirmasi (5 menit)
1.    Siswa dan guru bersama-sama membahas latihan yang telah dikerjakan ( rasa ingin tahu)
2.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami (bersahabat dan komunikatif)
3.    Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilaksanakan (disiplin)






3.
Kegiatan penutup
1.    Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan isi materi (tanggung jawab)
2.    Siswa deberi motivasi oleh guru (disiplin)
3.    Guru mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah (religius)
4.    Guru mengucapkan salam (religius)



Jumlah


I.       Sumber, Bahan, dan Media Pembelajaran
1.      Sumber Pembelajaran        : LKS Bahasa Arab kelas VII (Putra Nugraha)
2.      Bahan Pembelajaran          : -
3.      Media Pembelajaran          : Lagu mufradat, teks bergambar, dan lembar soal.
J.      Penilaian
1.      Penilaian Proses
a.    Kisi-kisi
Indikator
Penilaian
Teknik Tes
Jenis Tes
Instrumen Tes
Meyimpulkan kembali isi wacana dari teks أسرتي
Tes lisan
Melafalkan
Bacalah teks berikut dengan intonasi dan pelafalan yang  benar!
Mejawab pertanyaan atau latihan dari  wacana tentang أسرتي
Tes perbuatan
Uraia
Identifikasikan antara mubtada’ dan khabar ke dalam lembar latihan yang telah disediakan!
Memahami dan membuat contoh tentang mubtada dan khobar
Tes tulis
Uraian
Buatlah jumlah sesuai dengan mufrodat yang ada di bawah ini!
b.    Instrumen Tes/Bentuk Soal
·          Identifikasikan antara mubtada’ dan khabar ke dalam lembar latihan yang telah disediakan!
No.
مبتداء
خبر









·          Buatlah jumlah sesuai dengan mufrodat yang ada di bawah ini!
تَاجِرٌيَفْتَحُمَاهِرٌأَتَعَلَّمُ اُنْظُر

c.    Kriteria Penilaian

No.
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Memahami arti kosa kata 20%
Ketepatan intonasi
20%
Memahami tata bahasa 30%
Memahami wacana 30%














d.   Pedoman Penskoran
Kriteria Penilaian
Deskriptor
Skor
Pelafalan
Tidak ada kesalahan atau kesalahan 1 sampai 3
Kesalahan pelafalan 4-7
Kesalahan pelafan 7-10
Kesalahan pelafalan 10-13
Kesalahan 13-16
20
15
10
5
1
Intonasi
Tidak ada kesalahan atau kesalahan 1-3
Kesalahan intonasi 4-7
Kesalahan intonasi 7-10
Kesalahan intonasi 10-13
Kesalahan intonasi 13-16
20
15
10
5
1
Tata bahasa
Tidak ada kesalahan atau kesalahan 1 sampai 3
Kesalahan tata bahasa 4-7
Kesalahan tata bahasa 7-10
Kesalahan tata bahasa 10-13
Kesalahan tata bahasa 13-16
Kesalahan tata bahasa 16-19
30
25
20
15
10
5
Pemahaman
Tidak ada kekurangan atau kurang 1 sampai 3
Kurang pemahaman 4-7
Kurang pemahaman 7-10
Kurang pemahaman 10-13
Kurang pemahaman 13-16
Kurang pemahaman 16-19
30
25
20
15
10
5
2.      Penilaian Hasil
a.    Kisi-kisi
Indikator
Penilaian
Teknik Tes
Jenis Tes
Instrumen Tes
Meyimpulkan kembali isi wacana dari teks أسرتي
Tes lisan
Melafalkan
Bacalah teks berikut dengan intonasi dan pelafalan yang  benar!
Mejawab pertanyaan atau latihan dari  wacana tentang أسرتي
Tes tulis
Uraian
Jawablah soal-soal di bawah ini sesuai bacaan di atas!
Memahami dan membuat contoh tentang mubtada dan khobar
Tes tulis
Benar-salah
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih benar atau salah!
b.    Instrumen Tes/Bentuk soal
·         Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
مااسم أبيك؟ وما هو؟
أين يتعلم أخوك الصغير؟
·         Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan pilihan ص/خ
اسم أمي عائشة                                        ص-خ
فَتْحُ الرَّحْمن هُوَ طَبِيْبٌ مَاهِرٌ فِيْ الْمُدرسة                    ص-خ
c.    Pedoman penskoran
·         Soal terdiri dari 5 pertanyaan, setiap jawaban benar mengandung skor 20. Sehingga skor maksimal 100.
·         Soal terdiri dari 10 soal benar-salah. Setiap 1 soal mempunyai skor 5. Jika jawaban benar semua maka skor maksimal 100.
3.      Penilaian Karakter
No.
Nama Siswa
Karakter
Religius
Anggung jawab
Disiplin
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
Rasa ingin tahu
Bersahabat dan komunikatif
Jujur
Gemar membaca

























Ket:
BT            : belumterlihat
MT           : mulaiterlihat
MB           : mulaiberkembang
MK           : mengkultur/membudaya



Semarang, 11 Januari 2016

Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah                                                        Guru Bahasa Arab


 

NIP                                                                                         NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar