Kamis, 12 Mei 2016

Contoh RPP K13 Berbicara (Kalam) kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                         : MTs. An-Nur Pekalongan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : VII/Genap
Materi Pokok/Keterampilan    : من يوميات الأسرة  /Berbicara
Pertemuan ke                          : 10
Alokasi waktu                         : 2 x 40 menit
A.    Kompetensi Inti
KI 1       : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3       : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4       :Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar
1.1    Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
4.1    Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik:  من يوميات الأسرة  
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2    Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:  من يوميات الأسرة  
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.     Indikator
1.1.1         Siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami
1.1.2         Siswa melakukan diskusi tentang tema من يوميات الأسرة  
2.1.1         Siswa mendemontrasikan hiwar dengan percaya diri
2.1.2         Siswa menyimpulkan isi hiwar dengan percaya diri di depan kelas
4.1.1         Melafalkan mufradat dengan baik dan benar
4.1.2         Memahami makna yang terkandung dalam setiap mufradat
4.1.3        Membuat jumlah sesuai mufradat tentang أسرتي dengan struktur kalimat yang baik dan benar
4.1.4        Mendemontrasikan hiwar dengan bacaan yang baik dan benar tentang من يوميات الأسرة  
4.2.1        Menyimpulkan isi hiwar dengan bahasanya sendiri tentang من يوميات الأسرة  
4.2.2        Membuat hiwar sesuai konteks tentang من يوميات الأسرة  
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu melafalkan mufradat, memahami makna, mendemonstrasikan kembali, dan membuat hiwar dengan baik dan benar tentang من يوميات الأسرة  
2.      Siswa mampu menunjukkan perilaku yang religius, tanggung jawab, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, kerja keras, dan demokratis.



E.    Materi Pembelajaran
مِنْ يَوْمِيَاتِ الأَسْرَةِ
أَخِيْ الْكَبِيْر
Kakak laki-laki
أُسْرَتِيْ
Keluargaku
صُوْرَةٌ
Gambar
أَبٌ
Ayah
أُخْتِيْ الصَّغِيْرَةِ
Adik perempuan
دَرَسَ- يَدْرُسُ
Belajar
غُرْفَةٌ
Kamar
طَبَخَ- تَطْبَخُ
Memasak
أُمٌّ
Ibu
نُسَاعِد
Membantu
أَيْنَ
Di mana
عَمَلَ - يَعْمَلُ
Mengerjakan

خالد : السَّلَامُ عَلَيْكُمُ
سلمان : وَعَلَيْكُمْ السَّلَامُ
خالد : هَلْ هذِهِ صُوْرَةُ أُسْرَتِكَ يَا أَخِيْ؟
سلمان : نَعَمْ هَذِهِ صُوْرَةُ أُسْرَتِيْ. هذَا أَبِيْ اِسْمُهُ عَبْدُ اْلكَرِيْم. وَهذِهِ أُمِّيْ اِسْمُهَا نَجْوَى
خالد : وَمَنْ هذَا وَ هذِهِ يَا سلمان؟
سلمان : هذَا أَخِيْ الْكَبِيْر اِسْمُهُ حُسَين. الان هُوَ يَدْرُسُ فِيْ الْفَصْلِ الثَّانِيْ مِنَ المدْرَسَةِ العَالِية الحُكُوْمِية سَمَارَانْج
خالد : وهذه؟
سلمان : وَهذِهِ أُخْتِيْ الصَّغِيْرَةِ. اِسْمُهَا نَجْمَة. الان هِيَ تَدْرُسُ فِيْ الفَصْلِ السَّادِسِ مِنَ المدْرَسَةِ الإِبْتِدَائِيَّة الحُكُوْمِيَّة سَمَارَانْج
خالد : عَلَى فِكْرَةِ, أَيْنَ أَبُوْكَ وَ أُمُّكَ يا سلمان؟
سلمان : أَبِيْ فِيْ غُرْفَةِ الجُلُوْسِ. هُوَ يَقْرَأُ الَجرِيْدَةَ. وأُمِّيْ تَطْبَخُ الرُّزَّ فِيْ المَطْبَخِ
خالد : وأَخُوْكَ وَ أُخْتُكَ؟ أَيْنَ هُمَا؟
سلمان : أَخِيْ يَعْمَلُ الوَاجِبَ المنْزِلِي فِي غُرْفَتِهِ. وَأُخْتِيْ نُسَاعِدُ أُمِّيْ فِي المطْبَخِ
خالد : أُسْرَتُكَ سَعِيْدَة يا سلمان
سلمان : الحَمْدُ لله يا خالد. شُكْرًا
خالد : السَّلَامُ عَلَيْكُمُ
سلمان : وَعَلَيْكُمْ السَّلَامُ

F.     Metode Dan Pendekatan Pengajaran
Pendekatan      : Scientific
Metode            : Kontekstual
G.   Media, alat dan Sumber Pembelajaran
Media pembelajaran    : Boneka tangan, amplop mufradat, benda untuk penunjuk, dan lagu mufradat.
Sumber pembelajaran  : LKS Bahasa Arab kelas VII (Putra Nugraha)
H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Aktivitas
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam (religius)
2.      Siswa dan guru berdoa bersama-sama dengan dipimpin oleh salah satu siswa (religius)
3.      Guru mengecek kahadiran siswa (disilin)
4.      Guru mengondisikan kelas supaya lebih kondusif (disiplin)
5.      Guru memberi tahu materi yang akan dipelajari (tanggung jawab)
6.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dan tema yang akan dipelajari dengan mengaitkan materi yang telah lalu. (rasa ingin tahu)
7.      Siswa dibagi secara berpasangan “kontak jodoh” dengan teknik mencari pasangan yang antonimnya yang sesuai. (kreatif)

1 menit
1 menit

2 menit

1 menit

3 menit


3 menit
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
1.   Siswa mengamati instruksi yang diberikan guru, yaitu siswa diberikan amplop yang berisi gambar dan mufradat kemudian mencari pasangannya untuk dicocokkan sesuai antonimnya. (karja sama)
2.   Siswa mendengarkan lagu mufradat “alamat palsu” dari guru. (kreatif)
3.   Siswa menyanyikannya secara bersama-sama. (kreatif)
4.   Siswa menyimak hiwar yang diperankan oleh guru dengan media boneka tangan dan siswa menirukannya secara bersama-sama. (rasa ingin tahu)
5.   Siswa  mendengarkan penjelasan guru tentang mufradat pada hiwar. (rasa ingin tahu)
b.      Menanya
1.      Siswa bertanya tentang instruksi guru yang belum dipahami. (rasa ingin tahu)
2.      Siswa bertanya tentang mufradat yang belum dipahami. (rasa ingin tahu)
3.      Siswa bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami. (rasa ingin tahu)
4.      Siswa menyimak penjelasan guru atas jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan siswa. (rasa ingin tahu)
c.       Mencoba
1.      Sertiap pasangan melafalkan lagu mufradat yang telah diperdengarkan secara bersama-sama. (kerja sama)
2.      Setiap pasangan mencari mufradat baru yang berkaitan dengan tema sesuai konteks. (kerja sama)
3.      Setiap pasangan membuat jumlah dari mufradat yang telah disampaikan. (kerja sama)
4.      Siswa berpasangan mendemonstrasikan hiwar di depan kelas dengan menggunakan media boneka tangan, beergantian dengan pasangan yang lain. Teknik majunya guru menginstruksikan siswanya untuk menyanyikan lagu mufrodat dan  menggeser benda bergantian dan yang terakhir terkena benda akan maju ke depan menunjuk bebas pasangan, begitu juga seterusnya. (kerja sama, kreatif)
5.      Siswa yang lain mengajukan pertanyaan kemudian dijawab oleh pasangan yang mendemontrasikan. (kerja sama)
d.      Menalar
1.      Siswa secara individu menyimpulkan isi hiwar yang telah didemonstrasikan. (kerja keras, mandiri)
2.      Siswa secara berpasangan membuat hiwar dengan bahasa sederhana sesuai konteks. (kerja sama)
3.      Siswa secara berpasangan membuat pertanyaan yang terdapat dalam hiwar. (kerja sama)
4.      Siswa yang lain secara berpasangan menjawab pertanyaan dari hiwar yang telah dibuat oleh kelompok lain dengan teknik saling tukar menukar. Caranya dua pasang saling bertukar pertanyaan dan menjawabnya. (kelompok kecil = 2 pasang) (kerja sama)
e.       Mengomunikasikan
1.      Perwakilan siswa dalam pasangannya mempresentasikan jawaban dan menyimpulkannya dihadapan kelompok kecil. (rasa ingin tahu)
2.      Siswa berpasangan yang lain mengoreksi jawaban dengan dipandu oleh guru. (demokratis)
3.      Guru menilai hasil kerja setiap kelompok. (tanggung jawab)


3 menit



2 menit

2 menit
4 menit


2 menit

1 menit


1 menit

1 menit

1 menit

2 menit


1 menit

2 menit

10 menit







4 menit



2 menit

5 menit

3 menit

3 menit





3 menit


3 menit

3 menit

Penutup
1.      Siswa diberi penguatan materi oleh guru tentang. (tanggung jawab)
2.      Siswa secara bersama-sama diminta untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari. (kerja sama)
3.      Peserta didik menyimak informasi pembelajaran yang akan datang. (rasa ingin tahu)
4.      Guru Siswa deberi motivasi oleh guru. (disiplin)
5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan doa dengan dipimpin salah satu siswa. (religius)
6.      Guru mengucapkan salam. (religius)


2 menit

2 menit


3 menit
2 menit
1 menit

1 menit
Jumlah
80 menit

I.       Penilaian Pembelajaran (berdasarkan indikator)
1.      Teknik penilaian :
a.       Tes                   : Tes lisan
b.      Non Tes           :
1)        Penilaian sikap                  : penilaian diri  
2)        Penilaian keterampilan     : portofolio
2.      Bentuk instrument
a.    Tes
Siswa melakukan percakapan yang berkaitan dengan
No
Jawaban
Skor
1
Siswa mampu melafalkan mufradat dan hiwar dengan baik dan benar serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2
Siswa mampu melafalkan mufradat dan hiwar dengan baik dan benar namun kurang mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

3
Siswa mampu melafalkan mufradat dan hiwar kurang baik dan benar serta kurang mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

b.      Non tes : lembar penilaian diri dan portofolio penilaian keterampilan
Kompetensi Dasar :
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik: من يوميات الأسرة  
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
No.
Keterampilan Siswa
Skor
1.
Siswa melafalkan/menyanyikan mufradat  dengan fasih dan benar.




2.
Siswa mampu menentukan makna mufradat.




3.
Siswa mampu membuat jumlah.




4.
Siswa mampu memiliki karakter religius, mandiri, dan tanggung jawab, rasa ingin tahu, kerja sama, demokratis, dan kerja keras.





Total Skor




T          = Tuntas
BT       = Belum tuntas

3.      Pedoman Penskoran
Petunjuk   :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai kegiatan belajar peserta didik di dalam kelas. Berilah nilai pada setiap kolom yang sudah disediakan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Adapun kriterianya adalah sebagai berikut :
Nama peserta didik           : ............................
Kelas                                 : ............................
Materi pokok                     : ............................
Tes Lisan
No
Jawaban
Skor
1
Siswa mampu melafalkan mufradat dan hiwar dengan baik dan benar serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
7-10
2
Siswa mampu melafalkan mufradat dan hiwar dengan baik dan benar namun kurang mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
4-6
3
Siswa mampu melafalkan mufradat dan hiwar kurang baik dan benar serta kurang mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
0-3
Nilai         = jumlah skor maksimal x 10  
Nilai         = 100

Semarang, 11 Januari 2016

Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah                                                        Guru Bahasa Arab
 


NIP                                                                                         NIP

3 komentar:

  1. Listen...

    What I'm going to tell you may sound kind of creepy, and maybe even a little "out there..."

    WHAT if you could simply press "PLAY" and listen to a short, "musical tone"...

    And magically attract MORE MONEY into your LIFE??

    I'm talking about hundreds... even thousands of dollars!!!

    Sounds way too EASY?? Think this couldn't possibly be for REAL?!?

    Well, I'll be the one to tell you the news.

    Sometimes the most magical blessings life has to offer are also the SIMPLEST!!!

    In fact, I'm going to PROVE it to you by letting you PLAY a REAL "magical money tone" I've synthesized...

    You simply push "PLAY" and the money will start coming into your life... starting pretty much right away...

    CLICK here to PLAY this magical "Miracle Wealth Building Tone" - it's my gift to you!!!

    BalasHapus
  2. tujuan pembelajaran tidak sesuai dengan indikator dan kd

    BalasHapus