RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
Nama Sekolah :
MTs. An-Nur Pekalongan
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
VII/Genap
Materi Pokok/Keterampilan : أسرتي/Berbicara
Pertemuan ke :
10
B. Standar Kompetensi
Berbicara/kalam (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta
informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أسرتي)
C.
Kompetensi Dasar
10.1
Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat sederhana tentang أسرتي menggunakan kalimat
berstruktur meliputi mubtada dan khobar (berupa kata kerja/fiil
mudhari mufrad)
10.2
Bercerita tentang أسرتي dengan menggunakan media gambar/alat
peraga dan menerapkan struktur kalimat meliputi: mubtada dan khobar (berupa
kata kerja/fiil mudhari mufrad)
D. Indikator
10.1.1
Melafalkan mufradat tentang أسرتي dengan baik dan benar
10.1.2 Melafalkan hiwar tentang أسرتي dengan intonasi yang baik dan benar
10.2.1 Mendemonstrasikan hiwar tentang أسرتي dengan tepat
10.2.2 Menceritakan kembali hiwar tentang أسرتي dengan baik dan benar
10.2.3 Membuat hiwar dengan bahasanya sendiri tentang أسرتي
10.2.4 Menunjukkan perilaku siswa yang religius, tanggung jawab,
disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif.
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, diharapkan :
1. Siswa mampu
mendemonstrasikan hiwar dengan baik melalui kegiatan melafalkan mufradat,
melafaklan kembali hiwar tentang أسرتي, menceritakan kembali hiwar tentang أسرتي,
dan membuat hiwar dengan bahasanya sendiri tentang أسرتي
2. Siswa mampu menunjukkan perilaku yang religius, tanggung jawab,
disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif.
F. Materi Pembelajaran
أُسْرَتِيْ
أَخِيْ
الْكَبِيْرِ
Kakak laki-laki
|
أُسْرَةٌ
Keluarga
|
صُوْرَةٌ
Gambar
|
أَبٌ
Ayah
|
أُخْتِيْ الصَّغِيْرَةِ
Adik perempuan
|
دَرَسَ-
يَدْرُسُ
Belajar
|
غُرْفَةٌ
Kamar
|
طَبَخَ
- يَطْبَخُ
Memasak
|
أُمٌّ
Ibu
|
سَاعَدَ
– يُسَاعِدُ
Membantu
|
أَيْنَ
Di mana
|
عَمَلَ
- يَعْمَلُ
Mengerjakan
|
خالد : السَّلَامُ
عَلَيْكُمُ
سلمان : وَعَلَيْكُمْ السَّلَامُ
خالد : هَلْ هذِهِ صُوْرَةُ أُسْرَتِكَ
يَا أَخِيْ؟
سلمان : نَعَمْ هَذِهِ صُوْرَةُ أُسْرَتِيْ. هذَا أَبِيْ
اِسْمُهُ عَبْدُ اْلكَرِيْم. وَهذِهِ أُمِّيْ اِسْمُهَا نَجْوَى
خالد : وَمَنْ هذَا وَ هذِهِ يَا سلمان؟
سلمان : هذَا أَخِيْ الْكَبِيْر اِسْمُهُ حُسَين. الان
هُوَ يَدْرُسُ فِيْ الْفَصْلِ الثَّانِيْ مِنَ المدْرَسَةِ العَالِية الحُكُوْمِية
سَمَارَانْج
خالد : وهذه؟
سلمان : وَهذِهِ أُخْتِيْ الصَّغِيْرَةِ. اِسْمُهَا نَجْمَة.
الان هِيَ تَدْرُسُ فِيْ الفَصْلِ السَّادِسِ مِنَ المدْرَسَةِ الإِبْتِدَائِيَّة
الحُكُوْمِيَّة سَمَارَانْج
خالد : أَيْنَ أَبُوْكَ وَ أُمُّكَ يا سلمان؟
سلمان : أَبِيْ فِيْ غُرْفَةِ الجُلُوْسِ. هُوَ يَقْرَأُ
الَجرِيْدَةَ. وأُمِّيْ تَطْبَخُ الرُّزَّ فِيْ المَطْبَخِ
خالد : وأَخُوْكَ وَ أُخْتُكَ؟ أَيْنَ هُمَا؟
سلمان : أَخِيْ يَعْمَلُ الوَاجِبَ المنْزِلِي فِي غُرْفَتِهِ.
وَأُخْتِيْ نُسَاعِدُ أُمِّيْ فِي المطْبَخِ
خالد : أُسْرَتُكَ سَعِيْدَة يا سلمان
سلمان : الحَمْدُ لله يا خالد. شُكْرًا
خالد : السَّلَامُ عَلَيْكُمُ
سلمان : وَعَلَيْكُمْ السَّلَامُ
G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Kontekstual
Metode : Komunikatif
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
1.
Guru
mengucapkan salam (religius)
2.
Siswa
dan guru berdoa secara bersama-sama (religius)
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa dengan teknik siswa yang dipanggil namanya menjawab
dengan menyebutkan orang yang paling berkesan dikeluarganya (disiplin)
4. Guru memberikan pengantar tentang
tema yang akan dipelajari (disiplin)
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
A.
Eksplorasi
1.
Guru menjelaskan pengantar materi dengan media gambar pohon keluarga
(tanggung jawab)
2.
Siswa diperkenalkan kosa kata dengan media power point
(kreatif)
3.
Guru mencontohkan hiwar yang terdapat dalam
materi (kreatif)
4.
Siswa menirukan hiwar yang dipraktikkan oleh
guru (kreatif)
5.
Siswa ditunjuk berpasangan mencotohkan hiwar
di depan kelas (mandiri & kerja keras)
B.
Elaborasi
1.
Siswa ditunjuk berpasangan untuk
mendemontrasikan hiwar sesuai konteks materi dengan teknik menyanyikan lagu “balonku”
dan menggeser benda bergantian dan
yang terakhir terkena benda akan maju ke depan menunjuk bebas pasangan,
begitu juga seterusnya (mandiri &kerja keras)
2.
Siswa yang lain mengajukan pertanyaan
kemudian pasangan yang mendemontrasikan menjawabnya ataupun sebaliknya, siswa
yang lain diberi pertanyaan tentang hiwar yang telah didemonstrasikan
(bersahabat dan komunikatif)
3.
Siswa menyimpulkan isi hiwar di depan kelas
(mandiri)
4. Konfirmasi
1. Siswa dan guru bersama-sama mengoreksi percakapan yang telah
didemontrasikan siswa (rasa ingin tahu)
2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada guru tentang hal-hal
yang belum dipahami (disiplin)
3. Siswa dan guru melakukan refleksi tentang materi pada hari itu (disiplin)
|
|
3.
|
Kegiatan penutup
1.
Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan isi materi (tanggung jawab)
2.
Siswa deberi motivasi oleh guru (disiplin)
3.
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan bacaan hamdalah (religius)
4.
Guru mengucapkan salam (religius)
|
|
Jumlah
|
I. Sumber, Bahan, dan Media Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran : LKS
Bahasa Arab kelas VII (Putra Nugraha)
2. Bahan Pembelajaran : -
3. Media Pembelajaran : Mahkota
tokoh dan gambar pohon keluarga.
J. Penilaian
1. Penilaian Proses
a.
Kisi-kisi
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik Tes
|
Jenis Tes
|
Instrumen Tes
|
|
Melafalkan mufradat tentang أسرتي dengan baik dan benar
|
Tes lisan
|
Melafalkan
|
Praktikkan lagu mufradat di depan kelas!
|
Melafalkan hiwar tentang أسرتي dengan intonasi yang baik dan benar
|
Tes tulis
|
Melafalkan
|
Bacalah teks hiwar berikut dengan intonasi
yang baik!
|
Mendemonstrasikan hiwar tentang أسرتي dengan tepat
|
Tes lisan
|
Mendemonstrasikan
|
Demonstrasikan hiwar berikut di depan kelas
bersama pasanganmu!
|
Menceritakan kembali hiwar tentang أسرتي dengan baik dan benar
|
Tes lisan
|
Melafalkan
|
Jelaskan isi hiwar yang telah di
demonstrasikan!
|
Membuat hiwar dengan bahasanya sendiri
tentang أسرتي
|
Menjelaskan
|
Buatlah hiwar dengan tema أسرتي!
|
b.
Instrumen Tes/Bentuk Soal
·
Buatlah hiwar dengan tema أسرتي dan demontrasikan di depan kelas!
c.
Kriteria Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
|||
Pelafalan 25%
|
Ketepatan intonasi
25%
|
Kelancaran 25%
|
Kontekstual 25%
|
||
d.
Pedoman Penskoran
Kriteria Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
Pelafalan
|
Tidak ada kesalahan atau kesalahan 1 sampai
3
Kesalahan pelafalan 4-7
Kesalahan pelafan 7-10
Kesalahan pelafalan 10-13
Kesalahan pelafalan 13-16
Kesalahan pelafalan 16-19
|
25
20
15
10
5
1
|
Intonasi
|
Tidak ada kesalahan atau kesalahan 1-3
Kesalahan intonasi 4-7
Kesalahan intonasi 7-10
Kesalahan intonasi 10-13
Kesalahan intonasi 13-16
Kesalahan intonasi 16-19
|
25
20
15
10
5
1
|
Kelancaran
|
Tidak ada kesalahan atau kesalahan 1 sampai
3
Kesalahan kelancaran 4-7
Kesalahan kelancaran 7-10
Kesalahan kelancaran 10-13
Kesalahan kelancaran 13-16
Kesalahan kelancaran 16-19
|
25
20
15
10
5
1
|
Kontekstual
|
Tidak ada kesalahan atau kesalahan 1 sampai
3
Kesalahan kontekstual 4-7
Kesalahan kontekstual 7-10
Kesalahan kontekstual 10-13
Kesalahan kontekstual 13-16
Kesalahan kontekstual 16-19
|
25
20
15
10
5
1
|
e. Penilaian Karakter
No.
|
Nama Siswa
|
Karakter
|
|||||||
Religius
|
Tanggung jawab
|
Disiplin
|
Kerja keras
|
Kreatif
|
Mandiri
|
Rasa
ingin tahu
|
Bersahabat dan komunikatif
|
||
Ket:
BT : belum terlihat
MT : mulai terlihat
MB : mulai berkembang
MK : mengkultur/membudaya
Mengetahui,
Kepala Mts. An-Nur
Drs. Imron Said.
NIP: 196301081984102002
|
Semarang, 10 Mei 2016
Guru Bahasa Arab
Nur Afifah, M.Pd.
NIP: 199506142017010203
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar