RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
IDENTITAS
Nama Sekolah : Mts. Al-Fatah Talun
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII/I
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
Kelas/Semester : VIII/I
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
B.
STANDAR
KOMPETENSI
Kemahiran
membaca
(Memahami makna wacana tertulis tentang نشاطاتي في المدرسة dalam bentuk paparan atau dialog)
(Memahami makna wacana tertulis tentang نشاطاتي في المدرسة dalam bentuk paparan atau dialog)
C.
KOMPETENSI
DASAR
1.
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, frasa, kalimat, dan wacana tertulis dengan baik dan benar
tentang
نشاطاتي في المدرسة
نشاطاتي في المدرسة
2.
Mengidentifikasi
kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis sederhana tentangنشاطاتي في المدرسة
3.
Menemukan
makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang نشاطاتي في المدرسة
D.
INDIKATOR
1.
Melafalkan
kosakata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
2.
Menjawab
pertanyaan atau latihan
3.
Menyebutkan
makna, gagasan, atau ide dari wacana tertulis
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Membaca dan
memahami teks bacaan tentang نشاطاتي في المدرسة beserta tata
bahasa yang mencakup jumlah ismiah dan jumlah fi’liah.
F.
MATERI PEMBELAJARAN
نَشَاطَاتِي فِي المَدْرَسَةِ
الدِّرَاسَة
Pelajaran
|
مَقْصَفٌ
Kantin
|
أَدَوَاتِالمَدْرَسِيَة
Peralatan sekolah
|
السَّاعَةُ
Jam
|
مَكْتَبٌ
Perpustakaan
|
ذَهَبَ – يَذْهَبُ
Pergi
|
كَتَبَ – يَكْتُبُ
Menulis
|
شِرَاءِ
Membeli
|
تَعَلَّمَ – يَتَعَلَّمُ Belajar
|
سَمِعَ – يَسْمَعُ
Mendengar
|
شَرَحَ – يَشْرَحُ
Menjelaskan
|
المَدْرَسَةُ
Sekolah
|
اِسْمِيْ
عَامِرٌ, أَنَا تِلْمِيْذٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الإِسْلاَمِيَةِ.
أُرَتِّبُ أَدَوَاتِ الْمَدْرَسِيَّةِ. بَعْدَ قَلِيْلٍ , أَذْهَبُ إِلَى
الْمَدْرَسَةِ لِطَلَبِ الْعِلْمِ. فِي الْمَدْرَسَةِ, اَدْخُلُ الْفَصْلَ فِي السَّاعَةِ
السَّابِعَةِ وَ النِّصْفِ, فَالدِّرَاسَةُ مُبْتَدَئَةٌ.
أَتَعَلَّمُ فِي
الْمَدْرَسَةِ دُرُوْسًا كَثِيْرَةً مِنْهَا اللُّغَةُ العَرَبِيَّةُ وَ
الفِقْهُ وَ القُرْآنُ وَالحَدِيْثُ وَالحِسَابُ وَغَيْرُهَا. عِنْدَ الدِّراسَةِ, أَسْمَعُ مَاشَرَحَهُ الأُسْتَاذُ جَيِّدًا وَأَكْتُبُ الدَرْسَ.
فِي
السَّاعَةِ العَاشِرَةِ تَمَامًا, أَخْرُجُ مِنَ الْفَصْلِ لِلرَّاحَةِ وَأَذْهَبُ
إِلَى الْمَقْصَفِ لِشِرَاءِ بَعْضِ المَأْكُلاَتِ وَ الْمَشْرُبَاتِ, وَ أَذْهَبُ
أَحْيَانًا إِلَى الْمَكْتَبَةِ لِقِرَاءَةِ بَعْضِ الْكُتُبِ. اِنْتَهَى وَقْتُ
الرَّاحَةِ فِي السَّاعَةِ العَاشِرَةِ وَ النِّصْفِ, فَأَدْخُلُ الفَصْلَ مَرَّةً
ثَانِيَةً لاِسْتِمْرَارِ الدِّرَاسَةِ.
G.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Gramatika tarjamah
H.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Siswa dan guru berdoa secara bersama-sama
3.
Guru mengecek kehadiran siswa
4.
Guru memberikan pengantar tentang tema yang akan dipelajari
|
5
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
A.
Eksplorasi (10 menit)
1.
Siswa
diperkenalkan kosa kata baru yang dibacakan oleh guru, kemudian siswa
menirukan
2.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang tata bahasa yang sesuai dalam materi pada
hari itu, yaitu jumlah ismiah dan jumlah fi’liah disertai contohnya
3.
Guru membagikan
teks yang berupa cerita bergambar, dan kolom pengemlompokan kepada siswa
4.
Guru
membacakan teks bacaan dan siswa menirukannya secara bersama-sama
5.
Siswa
ditunjuk untuk membaca teks bacaan, dengan teknik penunjukkan berdasarkan
tanggal, jam, tahun, atau keterangan waktu lainnya pada saat itu.
6.
Siswa yang
terpilih, harus membaca 1 kalimat dalam teks yang telah dibagikan dengan
menerjamahkannya setiap kata dan menjelaskan qowa’idnya, begitu seterusnya
pada siswa yang lain. (untuk teknik penunjukkan selanjutnya bergantung
kreatifitas guru)
7.
Guru
menjelaskan ulang qowa’id yang terdapat dalam kalimat tersebut secara rinci
khususnya sesuai dengan qowa’id yang diajarkan pada pendahualuan pengajaran
(jumlah ismiah dan jumlah fi’liah)
B.
Elaborasi (15 menit)
1.
Siswa
mengidentifikasi tata bahasa yang terdapat dalam setiap kalimat dengan
mengelompokkan antara mubtada’, khobar, fi’il, fa’il, dan maf’ul bih
2.
Siswa
menuliskan identifikasinya ke dalam kolom pengelompokan
3.
Guru
memberikan latihan kepada siswa untuk membuat kalimat (jumlah ismiyah dan
jumlah fi’liyah) berdasarkan mufrodat yang diajarkan dengan menyesuaikan
konteks kehidupan siswa masing-masing
C.
Konfirmasi (5 menit)
1.
Siswa dan guru
bersama-sama membahas kolom pengelompokan
2.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum
dipahami
3.
Siswa bersama
guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilaksanakan
|
30
menit
|
4.
|
Kegiatan
penutup
1.
Guru memberikan
penguatan tentang kesimpulan isi materi
2.
Siswa deberi
motivasi oleh guru
3.
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah
4.
Guru
mengucapkan salam
|
5
menit
|
Jumlah
|
40
menit
|
I.
SUMBER BELAJAR
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Buku Bahasa Arab untuk
Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII
b. Teks bacaan/Cerita bergambar
c. Kolom pengelompokan
d. Gambar Mufrodat
J.
PENILAIAN
a.
Kisi-kisi
Indikator
|
Penilaian
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
||
1.
Melafalkan
kosakata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
2.
Menjawab
pertanyaan atau latihan
3.
Menyebutkan
makna, gagasan, atau ide dari wacana tertulis
|
Individu
|
Tertulis
|
كرر
هذه المفردات!
Mengidentifikasi kedudukan kalimat.
Menyusun kalimat.
|
|
b.
Contoh Instrumen
Isilah kolom dibawah ini sesuai teks wacana diatas !
خبر
|
مبتدأ
|
مفعول به
|
الفاعل
|
الفعل
|
الرقم
|
c.
Kriteria Penilaian
No.
|
Nama
|
AspekPenilaian
|
|||
Pemahaman
30 %
|
Tata bahasa
30 %
|
Pemilihan kata
20 %
|
Pelafalan
20%
|
||
Afifah
|
|||||
Luluk
|
|||||
3.
|
Jinan
|
||||
4.
|
Amin
|
||||
5.
|
Alfi
|
a. Pedoman Penskoran
Deskriptor
|
Skor
|
Memahami
arti kosa kata dengan sempurna
|
25 – 21
|
Memahami
arti kosa kata namun tidak dapat menerapkannya dalam memahami kalimat
|
20 -16
|
Kurang memahami kalimat karena kosa kata yang dimiliki tidak dapat membantunya
|
15 – 11
|
Tidak
dapat mengidentifikasi tata bahasa dalam kalimat
|
10 – 6
|
Tidak
dapat mengembangkan mufrodat menjadi sebuah kalimat
|
1 – 5
|
b. Pedoman
Penilaian
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Religius
|
Rasa Ingin Tahu
|
Tanggung Jawab
|
Berani Mencoba
|
Percaya Diri
|
Gemar Menyimak
|
Kerja Keras
|
1.
|
Afifah
|
||||||||
2.
|
Luluk
|
||||||||
3.
|
Jinan
|
||||||||
4.
|
Amin
|
||||||||
5.
|
Alfi
|
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat
(apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang
(apabila peserta didik sudah memperlihakan berbagai tanda perilaku yang
dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Mengkultur/Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Semarang, Mei 2015
Mengetahui,
Kepala MTs. Al-Fatah Guru
Bahasa Arab
Drs. Amin Sobari Khoirur
Rozaq, S.Pd.
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar