Senin, 18 Mei 2015

Contoh Mini RPP Bahasa Arab

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Tema                           : نشاطاتي في المدرسة
Kelas / Semester          : VIII / ganjil.
Standar Kompetensi   : Kemahiran membaca
Memahami makna wacana tertulis tentang نشاطاتي في المدرسة dalam bentuk paparan atau dialog.
Kompetensi Dasar       :
- Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frasa, kalimat, dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang  نشاطاتي في المدرسة
- Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis sederhana tentang نشاطاتي في المدرسة
- Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang نشاطاتي في المدرسة
Indikator                     :
- Melafalkan kosakata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
- Menjawab pertanyaan atau latihan
- Menyebutkan makna, gagasan, atau ide dari wacana tertulis
Pendekatan                 : Kontekstual
Metode                       : Gramatika tarjamah
Sumber/ Alat/ Media  : Cerita bergambar dan kolom pengelompokan
Langkah-Langkah Pembelajaran :
  • Guru memberikan pengantar materi tentang نشاطاتي في المدرسة
  •  Siswa diperkenalkan kosa kata baru yang dibacakan oleh guru, kemudian siswa menirukan.
  • Guru menerangkan tata bahasa yang sesuai dalam materi pada hari itu, yaitu jumlah ismiah dan jumlah fi’liah disertai contohnya.
  • Guru membagikan teks yang berupa cerita bergambar, dan kolom pengemlompokan  kepada siswa.
  • Guru membacakan teks bacaan dan siswa menirukannya secara bersama-sama.
  • Guru menunjuk siswa untuk membaca teks bacaan, dengan teknik penunjukkan berdasarkan tanggal, jam, tahun, atau keterangan waktu lainnya pada saat itu.
  • Siswa yang terpilih, harus membaca 1 kalimat dalam teks yang telah dibagikan dengan menerjamahkannya setiap kata dan menjelaskan qowa’idnya, begitu seterusnya pada siswa yang lain. (untuk teknik penunjukkan selanjutnya bergantung kreatifitas guru)
  • Guru menjelaskan ulang qowa’id yang terdapat dalam kalimat tersebut secara rinci khususnya sesuai dengan qowa’id yang diajarkan pada pendahualuan pengajaran ( jumlah ismiah dan jumlah fi’liah)
  • Siswa mengidentifikasi tata bahasa yang terdapat dalam setiap kalimat dengan mengelompokkan antara mubtada’, khobar, fi’il, fa’il, dan maf’ul bih.
  • Siswa menuliskan identifikasinya ke dalam kolom pengelompokan.
  • Guru memberikan latihan kepada siswa untuk membuat kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah) berdasarkan mufrodat yang diajarkan dengan menyesuaikan konteks kehidupan siswa masing-masing.
  • Siswa dan guru bersama-sama membahas kolom pengelompokan.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami.
  • Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan isi materi.
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar