STRATEGI
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Tema : نشاطاتي في
المدرسة
Kelas /
Semester : VIII / ganjil.
Standar Kompetensi : Kemahiran membaca
Kompetensi Dasar :
- Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, frasa, kalimat, dan wacana tertulis dengan baik dan benar
tentang نشاطاتي في المدرسة
- Mengidentifikasi
kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis sederhana tentang نشاطاتي في المدرسة
- Menemukan
makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang نشاطاتي في المدرسة
Indikator :
- Melafalkan kosakata dan kalimat dengan
pelafalan yang tepat dan benar
- Menjawab pertanyaan atau latihan
- Menyebutkan makna, gagasan, atau ide dari
wacana tertulis
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Gramatika tarjamah
Sumber/ Alat/
Media : Cerita bergambar dan kolom
pengelompokan
Langkah-Langkah
Pembelajaran :
- Guru memberikan pengantar materi tentang نشاطاتي في المدرسة
- Siswa diperkenalkan kosa kata baru yang dibacakan oleh guru, kemudian siswa menirukan.
- Guru menerangkan tata bahasa yang sesuai dalam materi pada hari itu, yaitu jumlah ismiah dan jumlah fi’liah disertai contohnya.
- Guru membagikan teks yang berupa cerita bergambar, dan kolom pengemlompokan kepada siswa.
- Guru membacakan teks bacaan dan siswa menirukannya secara bersama-sama.
- Guru menunjuk siswa untuk membaca teks bacaan, dengan teknik penunjukkan berdasarkan tanggal, jam, tahun, atau keterangan waktu lainnya pada saat itu.
- Siswa yang terpilih, harus membaca 1 kalimat dalam teks yang telah dibagikan dengan menerjamahkannya setiap kata dan menjelaskan qowa’idnya, begitu seterusnya pada siswa yang lain. (untuk teknik penunjukkan selanjutnya bergantung kreatifitas guru)
- Guru menjelaskan ulang qowa’id yang terdapat dalam kalimat tersebut secara rinci khususnya sesuai dengan qowa’id yang diajarkan pada pendahualuan pengajaran ( jumlah ismiah dan jumlah fi’liah)
- Siswa mengidentifikasi tata bahasa yang terdapat dalam setiap kalimat dengan mengelompokkan antara mubtada’, khobar, fi’il, fa’il, dan maf’ul bih.
- Siswa menuliskan identifikasinya ke dalam kolom pengelompokan.
- Guru memberikan latihan kepada siswa untuk membuat kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah) berdasarkan mufrodat yang diajarkan dengan menyesuaikan konteks kehidupan siswa masing-masing.
- Siswa dan guru bersama-sama membahas kolom pengelompokan.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami.
- Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
- Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan isi materi.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar